Membersihkan Virus Win 32 Sality

Monday, October 11, 2010



Banyak antivirus yang bisa membersihkan komputer yang terkena infeksi virus Win 32 Sality, tapi harus hati-hati, tidak semua antivirus yang memiliki faksin untuk membasmi virus tanpa merusak atau mendelete file.

Beberapa antivirus dapat mendeteksi adanya virus win 32 Sality pada komputer yang terinfeksi, tapi karena tidak adanya vaksinasi, atau karena software tersebut gratis dan bukan pro yang harus dibeli lisensinya, maka antivirus tersebut tidak dapat membersihkan file tersebut dari infeksi virus, biasanya antivirus tersebut akan mendelete atau mengkarantina file yang terinfeksi.

Akibat penghapusan file dari antivirus tersebut, bila dokumen anda yang terinfeksi, maka dokumen anda akan terhapus tapi anda masih dapat menggunakan program atau menjalankan komputer, tapi bila file exe dari program aplikasi atau system Windows, maka anda tidak dapat lagi menggunakan program bahkan system windows akan terganggu.

Efek dari virus ini adalah menginfeksi system komputer, terutamba bila anda menekan tombol Ctrl+Alt+Dell untuk membuka Task manager, Task manager tidak dapat terbuka dan akan muncul pemberitahuan “Task Manager has been disabled by administrator”. Dan semakin jauh lagi akibat yang ditimbulkan oleh virus ini adalah tidak dapat membuka file regedit.exe, tetap akan muncul pesan “Regedt.exe has been disabled by administrator“, walaupun anda sendiri user acount administratornya.

Walaupun anda telah memformat ulang hardisk anda, dan menginstall ulang windows anda, bila anda menginstall sebuah aplikasi dari partisi lain, atau dari flashdisk dimana anda menyimpan program instaler, maka windows anda akan kembali terserang virus Win32 Sality. Sebab virus tersebut bercokol di media penyimpanan tersebut, dan tidak semuanya program yang anda simpan tersebut terkena serangan virus, kemungkinan ada 1 atau 2 folder tempat program tersebut terinfeksi.

Untuk mengatasi serangan virus win 32 sality tanpa harus merusak file atau mendelete file tersebut, anda harus menemukan antivirus yang dapat menghapus virus tanpa mengganggu file. Ada beberapa antivirus yang dapat membuang virus Win32 Sality tanpa merusak atau mendelete file, antara lain :

1. AVG Sality Remover

Antivirus ini tidak bisa diinstall pada komputer yang sudah terinfeksi virus, anda harus mencabut hardisk anda dan memasangnya ke komputer yang tidak terinfeksi virus. setelah itu ikuti langkah berikut ini.

  • Hidupkan komputer
  • Jangan melakukan perintah Explorer pada hardisk yang terinfeksi
  • Install antivirus AVG Sality Remover
  • Lakukan Scan pada haridsk yang terinfeksi tersebut. Anda akan menemukan virus yang mengganggu system anda.
  • Kemudian Scan juga media tempat penyimpanan file program anda, kemungkinan ada 1 atau lebih folder tempat bersarangnya virus tersebut.

2. Kaspersky Antivirus

Sama kejadiannya seperti dengan antivirus AVG Sality Remover, antivirus ini juga tidak dapat diinstall pada system yang sudah terinfeksi.
Agar antivirus ini dapat diinstall pada komputer anda anda dapat menjalankan petunjuk berikut :

  • Klik Start ==> Run, kemudian ketik msconfig lalu tekan Enter atau klik Ok
  • Pada jendela Msconfig, pilih tab menu “Service
  • Centrang semua pilihan yang ada di dalamnya, kemudian klik tombol “Disable All” lalu klik Apply.
  • Kemudian klik Tab menu “Start up
  • Centrang semua pilihan, kemudian klik tombol “Disable All” lalu klik Apply dan Ok.
  • Restart komputer anda

Setelah komputer anda booting kembali anda lakukan langkah berikut ini

  • Install Antivirus Kasperskey
  • Scan MyComputer (semua Drive) dan tunggu nada peringatan dari Kaspersky Antivirus.
  • Jika muncul POP UP, pilih disinfect untuk file ber-ekstensi *.exe untuk memperbaiki semua file .exe anda dari Virus (Sality.s)
  • Setelah selesai memperbaiki seluruh file exe anda dari seluruh drive, Kembalikan setting msconfig ke posisi semula lalu restart komputer anda.
  • Mudah-mudahan komputer anda berjalan dengan normal kembali.

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

Sms Gratis

Pengikut Blog