Cisco Angkat CTO Service Provider untuk APJ

Thursday, September 23, 2010

Cisco CTO untuk APJ Alex Zinin (foto: Dok. Cisco)

JAKARTA - Cisco mengangkat Alex Zinin, seorang yang sudah lama berkecimpung di industri service provider, sebagai Chief Technology Officer, Service Provider Business Cisco Asia Pasifik dan Jepang.

Setelah diangkat, Alex Zinin akan melapor langsung kepada Edzard Overbeek, President Cisco Asia Pasifik dan Jepang. Alex Zinin akan bertanggung jawab untuk menangani pelanggan service provider di area seperti Internet Protocol Next-Generation Networks, video, mobilitas, data center, dan cloud computing.

Zinin, dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri jaringan IP, telah membantu membentuk inti dari teknologi internet routing dan Multiprotocol Switching. Zinin telah memberikan kontribusi besar terhadap Internet Engineering Task Force sebagai penulis dan kontributor atas sejumlah requests for comments (RFC). Alex Zinin pernah menjabat sebagai IETF working group chair dan sebagai Routing Area director, yang mendorong evolusi dan perkembangan teknologi internet. Zinin juga merupakan penemu dari sejumlah paten dan penulis dari "Cisco IP Routing: Packet Forwarding and Intra-domain Routing Protocols" yang diterbitkan oleh Addison-Wesley.

Sebelum bergabung dengan Cisco, Cisco menjabat sebagai Vice President for IP Solutions Asia Pasifik di Alcatel-Lucent. Zinin juga merupakan penerima penghargaan Alcatel-Lucent Fellow, yaitu penghargaan bagi sekelompok engineer terpilih.

"Pengangkatan ini merupakan salah satu langkah strategis yang kami ambil untuk wilayah Asia Pasifik dan Jepang. Industri service provider tengah mengalami perubahan yang signifikan sebagaimana pola penggunaan internet mulai berubah seiring dengan maraknya tren cloud computing, video, mobilitas, dan social media. Alex akan bekerja sama dengan Jeff White dan Hiroyuki Tsutsumi, Vice President for Service Provider Sales Cisco Asia Pasifik dan Jepang, untuk membantu pelanggan service provider Cisco memanfaatkan lanskap yang tengah berubah dan dinamis ini," ujar Overbeek.

Zinin memiliki sejumlah sertifikasi di industri service provider, termasuk CCIE dari Cisco yang diminati banyak orang. Beliau diwisuda dari Kazan State Technical University dengan gelar Master of Science untuk bidang jaringan komputer. Zinin menetap di Singapura, sebelumnya sempat tinggal di Amerika Serikat selama beberapa tahun.

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

Sms Gratis

Pengikut Blog