USB Flashdisc Kebal Malware

Tuesday, September 28, 2010



Filed Under: Komputer

Tags: Tips Flashdiscvirus


Saat membaca salah satu tabloid computer, saya tertarik dengan tulisan dengan judul USB Flashdisc kebal malware. Memang saat ini malware banyak menyerang computer kita via USB flashdisc. Nah agar flashdisc kita kebal terhadap malware berikut adalah triksnya konsepnya adalah mencegah pembuatan file autorun.inf langkahnya adalah:

  1. Buat agar windows explorer menampilkan file termasuk file yang di hiden
  2. Buka flashdisc pastikan tidak ada virus
  3. Buat folder baru dengan nama "autorun.inf"


  4. Buka folder "autorun.inf" buat file teks dengan notepad dengan nama sembarang. Nama file dibuat dengan jenis font bahasa Jepang, korea atau Cina sekitar 5 karakter huruf. Caranya buka "character map" pilih jenis font dari salah satu bahasa tersebut jika Anda tidak punya karakter dari tiga bahasa di koleksi font Anda anda bisa gunakan google translate. Copy kemudian rename nama file tersebut.
  5. Nama file teks tersebut nantinya akan terlihat kotak-kotak biarkan saja.


  6. Flashdisc Anda kini telah aman dari virus.

Kenapa Aman:
Dengan membuat folder bernama "autorun.inf" flash disc jadi aman karena malware tidak bisa membuat file autorun.inf. Dalam satu folder di windows tidak boleh ada file yang sama bukan? Karena nama file "autorun.inf" sudah kita pakai maka virus tidak bisa memakai nama file tersebut.
Selain itu bisa jadi malware di hapus dari memori. Kebanyakan malware tidak siap dengan kondisi yang sudah kita buat sehingga terjadilah "unhandled exception error" yang akan di hapus dari memori oleh windows.
Pembuatan nama file teks dengan karakter Jepang, Cina atau Korea ada alasannya. Malware biasanya tidak mendukung Unicode sehingga karakter2 tadi tetap dianggap karakter windows malwarepun akan gagal mengahpus file ini.
OK selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

Sms Gratis

Pengikut Blog