Beberapa Kesalahan Web Dijauhi Robot Search Engine

Thursday, September 2, 2010

Robots.txt adalah suatu file yang di berguna untuk memudahkan suatu search engine mengindex halaman web kita. Jika search engine crawler datang di web kita, maka dia akan mencari file robots.txt dan memberitahukan search engine spider bahwa halaman web tersebut harus di index atau di abaikan. Berikut beberapa kesalahan mengapa robot search engine menjauh di web kita :

1. Robots.txt rusak atau berisi parameter yang salah

Jika robot google salah membaca isi robots.txt anda, maka google akan mengabaikan halaman web anda.
Anda bisa mempelajari tata cara penulisan robots di http://www.robotstxt.org/

2. Halaman web anda mempunyai code terlalu panjang

Jika halaman web anda berisikan code javascript, CSS, Html dan lainnya yang terlalu banyak dan panjang, maka akan membuat web anda susah di akses ( lambat aksesnya). Jika itu terjadi maka robot search engine akan kesulitan untuk mengurai isi web anda.

3. Navigasi menu web anda mempunyai masalah

Jika anda membuat menu yang menggunakan javascript,DHTML atau AJAX, maka menu tersebut tidak bisa di index oleh robot search engine. karena robot search engine hanya bisa mengindex link yang menggunakan HTML.

4. URL website anda terlalu banyak variable

Jika url anda terlalu banyak variable, maka google juga akan mengabaikan halaman web anda.
Contoh URL yang terlalu banyak variable :

Pernyataan resmi dari search engine google :
“Google indexes dynamically generated webpages, including .asp pages, .php pages, and pages with question marks in their URLs. However, these pages can cause problems for our crawler and may be ignored.”

5. Menggunakan session ID di web anda

Search engine google tidak mau mengindex suatu URL yang berisikan session ID karena menyebabkan duplicate content. Penggunaan cookies lebih baik dari pada menggunakan session ID

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

Sms Gratis

Pengikut Blog