KOMPUTER

Wednesday, September 1, 2010


Apa itu komputer
2p4
Banyak orang sudah menggunakan komputer, baik untuk keperluan membuat laporan, surat atau bermain internet, game dll, tapi kalau mereka di tanya apa itu komputer mereka tidak dapat menjelaskan secara benar.
Ada yang menjawab komputer adalah alat kerja elektronik, komputer adalah alat untuk berkomunikasi, komputer adalah alat tempat program2 diinstal, atau bahkan ada yang mengatakan komputer adalah alat untuk mempermudah segala pekerjaan.

Memang benar apa yang mereka katakan sesuai dengan kebutuhan mereka dan sesuai dengan apa yang mereka rasakan pada saat menggunakan komputer
Tapi bukan itu sebenarnya arti komputer.

Komputer adalah sebuah peralatan pengolah data, dimana data diolah di CPU menjadi :

1. Bentuk tampilan pada layar monitor seperti tulisan, gambar, video
2. Data diolah menjadi tulisan dan gambar dan di cetak dengan printer
3. Data diolah dan dirubah menjadi suara dan dapat didengar di Speaker
4. Data dapat dikirim ke komputer lain dengan menggunakan jaringan LAN, INternet, Wireless, Infra reed dll.

Apa itu Data

Data adalah program berbahasa mesin yang hanya dapat dibaca oleh processor atau CPU (Central Processing Unit), dimana untuk memproses data diperlukan input perintah melalui keyboard dan mouse.

Proses Kerja Komputer

Untuk system komputer dibagi atas 3 bagian penting yaitu :

1. Input Dan Output
2. Hardware
3. Software
4. Human (manusia)

1. Input dan Output

a. Input

Adalah bagian dari komputer untuk memasukan atau mengirim data ke CPU agar bisa di proses di dalam CPU. Tanpa adanya Input maka komputer tidak akan bekerja. Input komputer dapat berupa memasukkan data dan memerintah akses menu.

Contoh peralatan komputer yang berfungsi sebagai input adalah
- Keyboard
- Mouse
- Scaner
- Microphone
- Lan Card dll

b. Output

Adalah komponen komputer untuk Mengirimkan hasil data yang telah di proses, dimana hasil data yang telah di proses berupa, signal grafik yang akan di tampilkan di layar monitor, signal Audio yang akan di dengarkan melalui Speaker, dan data yang akan di cetak melalui Printer

Contoh komponen yang berfungsi sebagai output :
1. VGA Card
2. Sound Card
3. USB (Bila di konek ke Printer)
4. CD/DVD R (Bila membacup ke CD)
5. dll

2. Hardware
Hardware adalah perangkat keras terdiri dari :

a. CPU
b. Monitor
c. Keyboard
d. Mouse
e. Printer
f. CD/DVD/DVDRW
g. dll

a. CPU (Central Processing Unit)
CPU sebagai pusat untuk memproses input output data, didalam cpu inilah data di proses, CPU sendiri terdiri dari beberapa bagian antara lain :

a.1. Mother Board (Main Board)
Adalah papan cirkuit dimana semua peralatan pendukung komputer di letakkan seperti Processor, RAM, ROM Bios, VGA Card, Sound Card, Lan Card, Modem Card, Terminal Hardisk, Terminal optical Disk, terminal Keyboard, Terminal Mouse, Terminal Printer, Terminal USB, Terminal Speaker, dll. jadi Main Board ini sangat penting bagi komputer.

Mother Board 01

a.2. Processor
Processor adalah alat untuk mengontrol atau otak komputer, dimana processorlah yang dapat membaca bahasa mesin dan memerintahkan peralatan lainnya pada komputer untuk memproses perintah yang diberikan oleh pengguna.
Semakin tinggi kapasitas processor semakin cepat kerjanya untuk memproses data.
Processor Xeon

a.3. RAM (Random Akses Memori)
Ram adalah tempat penyimpanan sementara, pada saat processor mengolah data, dimana data disimpan secara acak,data untuk sementara akan di simpan pada memory RAM sebelum di simpan secara permanen di Hardisk. Pada saat komputer di restart atau di matikan, maka data yang ada di RAM akan hilang.
Semakin besar kapasitas RAM semakin besar juga kapasitas data yang dapat disimpan dan semakin cepat proses kerja komputer tersebut.
Memory Card 01

a.4. ROM Bios
Rom Bios adalah memory permanen, fungsi dari memory adalah untuk menyimpan data peralatan yang terpasang di main board, seperti Data Processor, Data Memory, Data Hardisk, Data Circuit komunikasi, data VGA Card, data Sound card, data tanggal dan waktu, data Switch Jumper untuk keperluan pengguna, data Lan dll.

a.5. Hardisk
Adalah alat untuk menyimpan program yang di instal kedalam hardisk seperti Windows, MS Office dan aplikasi lainnya. Selain itu Hardisk juga menyimpan data hasil pekerjaan kita, pada alat inilah data di simpan secara permanen.
Makin besar kapasitas Hardisk, makin besar kapasitas data dan program yang dapat disimpan atau di install dalam hardisk.
Hardisk IDE 01

a.6. VGA Card
Adalah alat yang dipasang pada Motherboard dimana alat ini akan dihubungkan ke Monitor komputer, fungsi alat ini adalah untuk merubah data menjadi fisual (gambar) baik tulisan maupun gambar yang akan di tampilkan pada layar Monitor. Semakin besar kapasitas VGA semakin cepat dan bagus tampilan gambar pada layar monitor.
Biasanya kalau kita membeli Motherboard kita sudah diberikan VGA Card Onboard dimana memory VGA ini share dengan Random access Memory. Tapi bila kita ingin Tampilan Grafik (Gambar yang bagus) kita bisa menambahkan VGA Card dan di pasang pada Slot AGP, atau PCIE, tergantung jenis matherboardnya

a.7. Soud Card
Adalah alat yang dipasang pada Motherboard yang akan di hubungkan ke Speaker, fungsi alat ini adalah untuk merobah data menjadi efek suara yang bisa di dengar oleh pengguna.

a.8. Terminal LAN
Adalah terminal agar bisa berhubungan dengan komputer lain secara lokal, dimana dengan alat ini kita bisa mengirim dan mengambil data ke atau dari komputer lain.

a.9. Printer port (LPT Port)
Dahulu printer harus dihubungkan ke LPT Port, tapi sekarang printer sudah menggunakan terminal USB. Selain untuk printer Terminal LPT difungsikan untuk berhubungan dengan alat komunikasi, alat kontrol dll

a.10. Terminal USB (Universal Sircuit Bus)
Jaman sekarang hampir semua peralatan yang berhubungan dengan komputer menggunakan sirkuit ini seperti : Flash Disk, External Hardisk, Modem, Mobile Modem, Card Reader untuk membaca memory card, Printer, keyboard, mouse dll

a.11. PS/2 Keyboard
Terminal ini di hubungkan dengan keyboard yang fungsinya untuk menerima input berupa teks yang akan di proses oleh processor.

a.12. PS/2 Mouse
Terminal ini di hubungkan dengan mouse yang berfungsi untuk menerima perintah pada saat mouse mengklik menu-menu program yang tampil pada layar monitor.

a.12. Chace Memory
Chase memory adalah memory Processor, dimana fungsinya adalah untuk membantu kerja processor, data yang akan di proses oleh processor terlebih dahulu akan ditampung pada Chace Memory baru kemudian di kirim ke RAM

b. Monitor
Fungsinya untuk menampilkan data yang telah diproses oleh VGA Card dalam bentuk gambar atau tulisan.

c. Keyboard
Adalah alat untuk memasukkan data atau memerintah processor agar melaksanakan pekerjaan yang di inginkan oleh pengguna.

d. Mose
Adalah alat untuk memberikan perintah kepada Processor agar melaksanakan permintaan pengguna dengan cara mengklik menu-menu yang tampil pada layar monitor

e. Printer
Adalah alat untuk merubah data menjadi tulisan atau gambar yang di cetak pada kertas.

f. CD/DVD/DVDRW
Adalah alat untuk sumber program yang akan diinstal kedalam hardisk atau untuk membackup data kedalam CD Cassete

3. Software

Adalah perangkat lunak (Program) yang diinstall kedalam hardisk, dimana software inilah yang menggerakkan prcessor untuk memproses data. sangat banyak software yang dapat diinstal kedalam Processor.
Program yang dapat diinstall pada komputer harus di sesuaikan dengan spek komputer, bila tidak system tidak mau bekerja. jenis2 software antara lain :

a. OS (Open Source)
Software ini adalah software dasar, karena software ini memiliki booting yang dipergunakan untuk menghidupkan system, tanpa software ini komputer tidak mau bekerja,
Jenis software os antara lain : Windows : Windows 98, Windows XP, Windows 2000, Windows 2003, Windows Vista, Windows 7, Linux, Apple, Machintos, DOS, dll

b. Program Aplikasi
Adalah program-program yang diistall kedalam komputer sesuai dengan kebutuhan pengguna, juga harus sesuai dengan OS yang dipakai
Contoh program aplikasi adalah : MS Office (Word, Excell, Power Point dll), Adobe Photoshope, Corel Draw, Games, Tools dll

c. Program Browser
Program yang diinstal kedalam komputer yang tujuannya untuk mencari halaman Web Site yang berhubungan dengan Internet

d. Drivers
Adalah program yang diinstal kedalam kompter, setiap alat atau peralatan yang dipasang pada komputer harus diinstal Drivernya agar komputer mengenal alat tersebut sehingga alat tersebut dapat bekerja atau berfungsi contohnya : Drive VGA Card, Drive Soud Card, Drive LAN Card, Drive Modem, Drive Printer, Drive lainnya.

4. Human (Manusia)
Komputer tidak terlepas dari manusia yang mengoperasikan peraltan komputer, tanpa manusia komputer hanyalah berupa benda yang tidak ada fungsinya.
Dalam pengoperasian komputer fungsi Manusia di bagi tiga bagian antara lain :

a. Programer (Brainware)
Adalah orang-orang yang menciptakan program-program dengan bahasa program yang nantinya dapat dibaca oleh komputer menjadi program dengan bahasa mesin. Peran programer sangatlah penting karena hasil dari programer inilah yang saat ini banyak orang menggunakannya.

b. Mecanical (Maintenace)
Adalah orang-orang yang menguasai Hardware, untuk memasang, mensetting, menginstall program serta memelihara atau memperbaiki komputer. antara Brainware dan Mecanical salaing bekerja sama.

c. User (Pengguna)
Adalah orang-orang yang menggunakan komputer yang disesuaikan dengan kebutuhannya. User hanya memakai tanpa harus mengerti program dan maintenance.
Tetapi sebagai user mereka harus mengerti cara menggunakan program-program yang diinstall, bila tidak mereka tidak akan dapat bekerja.

Demikianlah sepintas pengenalan komputer semoga bermanfaat


0 comments:

Post a Comment

 
 
 

Sms Gratis

Pengikut Blog