Google Chrome OS

Thursday, September 2, 2010

Berita besar pagi ini adalah bahwa Google adalah untuk melepaskan Sistem Operasi sendiri selama paruh kedua tahun 2010.

Awalnya ditargetkan di Netbooks (laptop sangat kecil dengan spesifikasi relatif rendah), Google Chrome OS akan menjadi ringan, open source alternatif untuk Windows. Akan dirancang terutama untuk penggunaan online, dengan seluruh OS dasarnya terdiri dari browser Google Chrome berjalan pada backend Linux.

Visinya adalah bahwa di masa depan dan bukan seorang pengembang memproduksi sebuah paket perangkat lunak yang memerlukan download dan instalasi mereka justru membuat aplikasi berbasis web yang dapat dijalankan dari browser Internet manapun. Dalam banyak hal, ide membuat banyak akal; Anda tidak perlu khawatir tentang memperbarui perangkat lunak Anda, memindahkan file dari satu mesin ke yang lain atau bahkan menciptakan backup file Anda. Semuanya akan disimpan secara online dan dengan demikian tidak ada faktor-faktor kesalahan selama ini akan menjadi masalah lagi.

Pengembang juga tidak perlu khawatir tentang cara membuat beberapa versi dari aplikasi yang sama untuk Sistem Operasi yang berbeda karena selama pengguna memiliki up to date browser mereka akan dapat menjalankan perangkat lunak. Terlepas dari apakah Anda menggunakan komputer yang menjalankan Google Chrome OS, Mac OS atau Windows, Anda masih memiliki akses ke semua aplikasi online favorit Anda.

Ambisi bagi Google Chrome adalah bahwa pada akhirnya akan mengembangkan OS untuk sesuatu yang bisa dilihat sebagai alternatif untuk digunakan pada semua jenis komputer, bukan hanya Netbooks. Secara pribadi, aku sama-sama senang dan benci ide ini mengguncang cara kita menggunakan komputer dalam jumlah yang sama, karena kemungkinan tidak besar tapi kerugian yang berpotensi melumpuhkan dan terlalu jelas untuk diabaikan.

Pertama dan terutama mempertimbangkan fakta bahwa seluruh ide yang cukup banyak bergantung pada pengguna memiliki koneksi terus menerus ke Internet. Bagi banyak orang, masalah isn’ta ini karena kebanyakan rumah dan kantor didasarkan pengguna yang telah memiliki ‘selalu di’ koneksi broadband, namun jika Anda menemukan diri Anda berada dalam situasi tanpa internet maka Sistem Operasi segera menjadi tidak berguna. Sementara mobile broadband saat ini menjadi lebih cepat dan lebih murah bagi mereka yang bepergian jauh dari koneksi internet yang tetap, tidak akan membantu jika Anda terjebak di pesawat selama delapan jam!

Sebuah solusi untuk hal ini akan memungkinkan OS untuk men-download aplikasi web ke komputer Anda kemudian menjalankan mereka seolah-olah Anda terhubung ke Internet. Sayangnya, segera setelah hal ini menjadi pertimbangan kita mengabaikan tujuan utama memiliki OS berbasis online di tempat utama.

Juga tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini sebagian besar aplikasi internet yang sedikit primitif. Mereka harus diberi kredit untuk berkembang sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir namun mereka masih jauh mewakili sebuah alternatif yang besar, aplikasi yang diinstal sebagian besar dari kita saat ini digunakan. Di masa lalu saya telah membahas perangkat lunak berbasis Internet seperti Google Docs dan di masa depan aku berencana untuk menutup aplikasi online canggih seperti aplikasi gambar Splashup tapi versi online ini masih tertinggal di belakang desktop mereka setara dalam kecepatan dan fungsionalitas.

Tidak ada yang tahu persis ada apa di masa depan. Tidak dapat disangkal bahwa dalam beberapa tahun terakhir kegiatan komputasi menjadi lebih banyak berorientasi di Internet tetapi apakah kita siap bagi mereka untuk ditransfer sepenuhnya masih harus dilihat.

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

Sms Gratis

Pengikut Blog