Image CD

Sunday, November 21, 2010


Image CD adalah Kaset CD/DVD yang disimpan didalam hardisk berupa file yang berupa ekstensi; iso, nrg, img, mdf dll. Dengan menyimpan file dalam bentuk image CD maka kita tidak perlu khawatir bila suatu saat nanti kaset CD Drive, Windows Bootable akan rusak, karena kita dapat membakar atau mengcopynya kembali melalui CD Image sebagai backup software, system dan dokumen kita.

Seperti kita ketahui Kaset CD/DVD hanya bisa dibaca dan tidak bisa disalin. Demikian juga file yang tersimpan didalam Image CD aman karena tidak dapat dihapus, diubah dan yang jelas tidak bisa terkena serangan virus. Karena virus tidak bisa menyalin dirinya ke dalam CD dan Image CD.

Ada beberapa software untuk membuat CD Image antaralain :

  1. Nero Burning Room (Semua versi), biasanya pada setiap pembelian DVD Room/Rw anda akan diberikan CD Nero, pada system nero ini anda dapat membuat disk image, tetapi anda tidak dapat membuka CD Image tersebut, melainkan harus mengcopynya kembali ke DVD blank
  2. Dengan menggunakan Ultra ISO; Selain dapat membuat data CD/DVD Image atau mengcopy CD/DVD Image, software ini juga dapat membaca file yang ada di dalam file Image tersebut, sehingga kita dapat membuka CD/DVD seperti kita memasukkan CD/DVD ke CD/DVD Room kita, hanya saja untuk membaca File image tersebut kita harus membuka program Ultra iso dan melihat filenya dari dalam program tersebut.
  3. Alcohol 120% ; Spftware ini hanya dapat membuat image dengan cara mengcopy CD/DVD dari CD/DVD room, tidak dapat membuat data CD/DVD, tetapi kelebihan software ini banya antara lain :
  • Dapat membaca file ekstension ; iso, nrg, ccd, cue, bwt, cdi, pdi
  • Dapat membuat CD/DVD virtual, sehingga kita dapat membuka file image dengan cara memountnya tanpa harus selalu membuka program Alcohol tersebut. Driver CD/DVD akan terbentuk pada windows Explorer sebagai drive tambahan, misalkan drive partisi anda C, D, E dan CD/DVD Room adalah F, maka Alcohol dapat menambahkan drive dari G sampai Z (Dapat menambahkan virtual CD/DVD rom sampai 30)
  • Dapat mengcopy CD Image ke CD/DVD Blank

Cara Membuat CD Image

A. Dengan Menggunakan Software Nero

  1. Buka program Nero StartSmart Essential
  2. Pilih Menu Data
  3. Kemudian Pilih dan klik pilihan Simpan ke CD (Make Data CD) ata DVD (Make Data DVD)
  4. Bila muncul Jendela baru, klik tombol Add
  5. Cari file yang ingin anda simpan kedalam CD Image dari Hardisk anda
  6. Setelah anda pilih, klik Next
  7. Akan muncul Jendela baru, Klik pada bagian Current recorder pilihan Image Recorder, dan pada bagian Disc Name, ketik nama CD anda, lalu klik Burn
  8. Pilih direktori tempat penyimpanan file image anda, dan masukkan nama file image tersebut lalu klik Save.
  9. Proses pembuatan akan segera dilakukan, tunggu sampai selesai proses tersebut, sehingga nanti akan membentuk file Image dengan ekstensi nrg.
  10. Bila anda klik 2 kali file ekstensi nrg, maka akan langsung membuka program untuk membakar file tersebut kedalam CD/DVD kaset.

B. Dengan Menggunakan Software Ultra ISo

  1. Setelah program Ultra iso terbuka Klik menu file, klik Menu New, lalu klik Data CD/DVD Image
  2. Klik kanan icon CD pada program Ultra ISO, klik Rename, lalu ketik nama CD/DVD (Lihat Gambar No. 1)
  3. Lalu pilih file atau direktory yang ingin anda simpan kedalam CD/DVD Image (Lihat gambar No.2)
  4. Drag ke daerah File Name, Lakukan lagi lihat gambar no.3. Lakukan lagi langkah no.3 dan 4 ini untuk memasukkan file lainnya
  5. Klik kotaklData CD/DVD (Lihat No.4)
  6. Muncul kotak pesan, Filie Changed, save it?, klik Yes, Pilih direktori tempat penyimpanan file CD/DVD image, kemudian ketik nama file, lalu klik Save untuk menimpan data anda ke CD/DVD Image dengan ekstensi .iso.

C. Dengan Alcohol 120%

  1. Masukkan CD/DVD yang hendak anda buat Image
  2. Klik menu Image making Wizard lalu pilih drive CD/DVD Room, kemudian klik Next
  3. Pilih folder tempat penyimpanan Image, kemudian ketik nama image file anda biasanya akan diakhiri dengan ekstension .mds
  4. Lalu klik Start maka Alkohol akan melakukan proses membuat image file kedalam hardisk anda

Masih banyak lagi software yang dapat membuat CD/DVD Image
Anda dapat mendownload software tersebut di sini

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

Sms Gratis

Pengikut Blog